Tuesday 7 August 2012

Gangguan Peradangan pada Saluran Reproduksi Pria

Peradangan saluran genetalia pria dapat terjadi dimana saja antara testis dan lubang uretra peradangan biasanya disebabkan oleh penyakit menular seksual atau inferksi saluran kemih, dan paling sering terjadi pada pria yang aktif secara seksual. Penyebab lain peradangan adalah penyakit sistemik  misalnya parotitis atau trauma. Peradangan prostat dapat terjadi pada usia lanjut dengan hyperplasia prosata jinak. Kelaianan peradangan pada genetalia pria yang lain adalah:

  • Uretritis adalah peradangan uretra. Uretritis biasanya di sebabkan oleh mikroorganisme yang ditularkan melalui hubungan kelamin , biasanya Neisseria gonorrhoeae atau Chlamydia trachomatis.
  • Epididimitis adalah peradangan epididimis. Epididimitis biasanya disebabkan oleh mikroorganisme yang ditularkan melalui hubungan kelamian, biasanya N. gonorrhoeae dan C. trachomatis. Penyakit ini biasanya terjadi dari uretra asendens.
  • Orkitis adalah peradangan akut testis. Orkitis biasanaya terjadi setelah epididimitis atau dari penyakit dari penyakit sistemik misalnya parotitis.
  • Prostatitis adalah peradangan kelenjar prostat. Prostatitis sering terjadi pada pria yang sudah lanjut usia. Penyaki ini sering disebabkan  oleh infeksi akut atau kronis, biasanya naik dari uretra. Prostatitis dapat bersifat noninfeksius atau idiopatik. 

No comments:

Post a Comment