Saturday 16 June 2012

Pencernaan dan Penyerapan Makanan

Pencernaan adalah proses hidrolis nutrisi kompleks menjadi sebuah senyawa sederhana yang dapat diabsorsi melewati dinding saluran pencernaan. Pencernaan merupakan sebuah proses yang mengubah zat makanan menjadi nutrient. Pencernaan makanan melibatkan proses fisik, kimia maupun enzimatik. Penyerapan makanan adalah proses pemindahan hasil dari produk pencernaan melewati sel epitel intenstinal hingga mencapai sirkulasi limfatik atau darah. Hanya sedikit senyawa dalam makanan dan minuman (air, gula sederhana, beberapa vitamin dan mineral) yang dapat diabsorsi tanpa melelui proses pencernaan. Bagian yang melibat dalam sistem pencernaan adalah otot yang berfungsi untuk gerakan peristaktik, saraf berfungsi untuk merangsang aliran darah dan kontraksi otot, serta kelenjar pensekresi berfungsi dalam endokrin dan esokrin.
 Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami beberapa proses yaitu:
1.      Ingestion: memasukan makanan kedalam saluran makanan ke dalam saluran pencernaan.
2.      Digestion: pencernaan makanan secara mekanik dan kimia sehingga makana dapat diabsorsi oleh sel.
3.      Absorption: penyerapan makanan oleh sel pada saluran pencernaan.
4.      Secretion: pengeluaran enzim dan secret dari saluran pencernaan.
5.      Motility: pergerakan makanan oleh usus peristaktik.
6.      Reabsorption: penyerapan kembali zat yang masih dibutuhkan tubuh oleh usus besar.
7.      Elimination/defekasi: pengeluaran material yang tidak terencana dalam saluran.
Sistem pencernaan berjalan melalui beberapa tahapan, dan membutuhkan zat kimia untuk membantu proses pencernaan. Zat kimia yang diperlukan dalam perencanaan adalah hormon, enzim, mukus, lubrikan, air dan elektrolit. Masing-masing daerah dalam sistem perencanaan dalam proses pencernaan menyediakan sekresi dengan jumlah berbeda-beda. Makanan yang masuk dalam tubuh mengalami proses pencernaan dan penyerapan melalui:
1.    Saluran gastro intentinal, merupakan saluran satu arah, dari mulut, esophagus, gaster, usus halus, usus besar rectum hingga anus.
2.      Kelenjar aksesoris, terdiri dari pancreas, hepar dan kantong empedu.

No comments:

Post a Comment