Wednesday 20 June 2012

Mekanisme Kerja Gaster/Lambung

Gaster secara mekanik akan mengubah campuran makanan menjadi bentuk cairan dan selanjutnya secara kimia akan mencerna beberapa makana dengan mensekresi getah lambung. Gaster dalam proses mencampur makanan dengan getah lambung akan melalui beberapa mekanisme:
  1.   Air sebagai pelarut.
  2.  Mukus sebagai lubrikan (pelumas).
  3. Pepsin-enzim yang mulai mencerna protein secara kimia.
  4. Asam Hidrochlorid-membuat makanan menjadi asam, (pH=2) mengaktifkan Pepsinogeli.
Dengan adanya pepsin, gaster berfungsi sebagai preliminary pencernaan protein. Pencernaan karbohidrat dilanjutkan, dan sangat sedikit sekali adanya absorsi makanan. Begitu juga beberapa obat-obatan akan diabsorsi oleh gaster. Di dalam gaster terdapat  sel enteroendokrine berupa sel G yang menghasilkan gastrin dan sel D yang menghasilkan somatostatin.
Kondisi makanan yang ada dalam gaster disebut sebagai chime. Tidak semua proses pencernaan makanan terjadi di dalam gaster, makanan berada di dalam gaster hanya sekitar 3-4 jam meskipun gaster bukan merupakan organe yang penting untuk mengabsorsi, akan tetapi air dengan sedikit senyawa larut di dalam dilipit (etanol dan asam lemak rantai pendek dan sedang) walaupun dalam jumlah yang sedikit.

No comments:

Post a Comment