Thursday 13 August 2020

2. Dermis

Dermis adalah lapisan kulit yang berada di bawah epidermis. Dermis merupakan lapisan kulit yang paling tebal di mana terdapat pembuluh darah dan saraf, kelenjar keringat dan kelenjar minyak, serta folikel rambut.

Lapisan dermis sebagian besar terdiri dari sejenis protein yang disebut kolagen yang membuat kulit terlihat kenyal dan kencang.

Berbagai fungsi kulit lapisan dermis adalah:
Merasakan sakit dan sentuhan. Pada lapisan dermis terdapat ujung-ujung saraf dengan reseptor yang mengirimkan sinyal kepada otak untuk merasakan sensasi sentuhan, sakit, gatal, panas, dingin dan sebagainya.

Memproduksi keringat dan minyak. Keringat dibutuhkan untuk menurunkan suhu tubuh dan minyak dibutuhkan agar kulit tetap lembap serta lembut.

Menumbuhkan rambut. Folikel rambut yang berada di lapisan dermis memproduksi sel-sel rambut yang akan tumbuh di kulit kepala, wajah dan seluruh tubuh. Rambut membantu mengontrol suhu tubuh dan melindungi kulit dari cedera.

Mengalirkan darah yang memberi nutrisi kulit. Selain menghantarkan nutrisi dan oksigen, pembuluh darah di lapisan dermis juga membantu mengatur temperature tubuh. Jika kulit terlalu panas, pembuluh darah akan melebar melepaskan panas, jika kedinginan pembuluh darah akan mengerut untuk menyimpan panas.

Melawan infeksi. Pembuluh limfatik di lapisan dermis adalah bagian penting sistem imunitas tubuh yang menghalangi terjadinya infeksi.

No comments:

Post a Comment