Tuesday 11 August 2020

Sistem Ekskresi Pada Manusia ( BAB II Pembahasan, A. Ginjal, 1. Struktur Ginjal )

1.      Struktur Ginjal
Pada bagian potong melintang, tampak tiga daerah yang berbeda, yaitu kulit ginjal (korteks), sumsum ginjal (medulla), dan rongga ginjal (pelvis). Kulit ginjal terletak di bagian luar, sumsum ginjal di bagian tenggah, dan rongga ginjal di bagian dalam. Rongga ginjal di sebut pula piala ginjal.
Pada bagian kulit ginjal (korteks) terdapat alat penyaring darah, yang disebut nefron. Diperkirakan dalam setiap ginjal terdapat satu juta nefron tersusun dari badan malpighi dan saluran panjang (tubulus atau tubula) yang bergelung. Badan malpighi tersusun dari glomerulus dan simpai bowman  (kapsula Bowman). Glomelurus berupa anyaman kapiler darah. Sedangkan simpai bowman berupa cawan berdinding tebal yang mengelilingi glomerulus.
Saluran panjang yang bergelung (tubulus) dikelilingi oleh pembuluh-pembuluh kapiler darah. Tubulus yang letaknya dengan dekat badan malpighi  disebut tubulus proksimal. Tubulus yang letaknya jauh dari badan malpighi disebut tubulus distal. Tubulus proksimal dan tubulus distal dihubungkan oleh lengkunan henle atau angsa henle. Lengkungan henle ini berupa pembuluh menyerupai leher angsa yang turun ke arah medulla ginjal, kemudian naik kembali ke korteks ginjal. Bagian ahir dari tubulus ginjal adalah saluran (tubulus) pengumpul yang terletak pada sumsum ginjal.

No comments:

Post a Comment