Sunday 16 February 2020

Kulit

Kulit merupakan lapisan tipis yang menutupi dan melindungi seluruh permukaan tubuh. Selain berfungsi menutupi seluruh permukaan tubuh, kulit juga berfungsi sebagai alat pengeluaran. Zat sisa yang dikeluarkan melalui kulit adalah air dan garam-garaman.

Kulit terdiri dari tiga lapisan yaitu lapisan kulit ari (epidermis), lapisan kulit jangat (dermis), dan lapisan ikat bawah kulit.

1. Kulit Ari
Kulit ari (epidermis) terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan tandu dan lapisan malpighi. Lapisan tandu merupakn lapisan yang terletak paling luar dan terdiri dari sel-sel kulit mati. Lapisan ini dapat mengelupas. Lapisan malpighi terletak di bawah lapisan tanduk dan terdiri dari sel-sel yang hidup. Lapisan malpighi mengandung pigmen melamin yang berfungsi memberikan warna pada kulit. Lapisan malpigi juga berfungsi melindungi tubuh dari sengatan matahari.

2. Kulit Jangat 
Kulit jangan (dermis) merupakan lapisan kulit yang terletak di bawah kulit ari. Di dalam kulit jangat terdapat kelenjar keringat, kelenjar minyak, pembuluh darah, ujung-ujung saraf, dan kantong rambut. Ujung saraf terdiri dari ujung saraf peraba untuk mengenali tekanan, dan ujung saraf suhu untuk mengenali suhu. 
Kelenjar keringat sangat berperan dalam sistem pengeluaran. Kelenjar keringat berfungsi menghasilkan keringat.keringat terdiri dari atas air dan garam-garam. Keringar tersebut dikeluarkan ke permukaan tubuh melalui slauran kelenjar keringat menuju pori-pori di permukaan kulit. 
Kantong rambut terdiri dari akar rambut dan batang rambut. Di dekat akar rambut terdapat otot polos yang berfungsi menggerakan rambut pada saat kedinginan atau merasak takut. Pembuluh darah kapiler memberi zat-zat makana pada akar rambut dan sel kulit sehingga sel-sel tersebut tetap hidup. Di dekat akar rambut juga terdapat kelenjar minyak yang berfumgsi mengeluarkan minyak agar rambut dan kulit tidak kering.


3. Jaringan ikat bawah kulit
Pada jaringan ikat bawah kulit terdapa cadangan lemak. Lemak berfungsi sebagai cadangan makakan dan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.
Fungsi kulitSelain berfungsi sebagai alat pengeluaran, kulit juga berfungsi sebagai berikut.
  1. Sebagai perlindungan tubuh dari kerusakan akibat benturan (kerusakan mekanis ) maupun kerusakan yang disebabkan oleh zat kimia.
  2. Sebagai tempat indra peraba, karena pada kulit terdapat ujung saraf indra yang dapat merasakn halus, kasar, panas, dingin, dan nyeri.
  3. Sebagai menyimpan lemak
  4. Tempat pembuatan vitamin D dari provitamin D dengan bantuan sinar ultraviolet
  5. Sebagi pengatur suhu tubuh.
Pada dasarnya, pengeluaran air melalui kulit ada hubungan dengan pengeluaran air melalui ginjal. Ketika suhu di sekeliling kita panas, kulit akan mengatur suhu tubuh dengan banyak mengeluarkan keringat sehingga urin yang dihasilkan oleh ginjal lebih sedikit. Dengan demikian, pengeluaran air lebih banyak melalui kulit sebaliknya, ketika cuaca di sekitar kita dingin, tubuh hanya sedikit berkeringat sehingga pengeluaran air lebih banyak melalui ginjal.

No comments:

Post a Comment